ADMINISTRASI PEMBANGUNAN


DEFINISI ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

1.      DEFINISI ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI
A.    Henry Fayol (Burhanuddin,1998:39),mengatakan bahwa administrasi adalah sebagai proses sosial yang direncanakan untuk menjamin adanya koperasi,partisipasi,interverensi dan peran serta orang orang dalam lembaga tertentu yang mau dan mampu melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
B.     Soekarno k (Burhanuddin,1998:43),administrasi adalah kuliat luar manajemen atau dengan kata lain manajemen adalah inti administrasi.
C.    Hadari Nawawi (Syafie,2003:5),administrasi adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerjasama atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerja sama kelompok manusia untuk mencapai tujuan kerjasama yang telah ditetapkan sebelumnya.
D.    Prajudi Atmosudirjo (Syafie,2003:4),administrasimerupakan suatu fenomena sosial,yaitu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern.
E.     Dimock (Ndraha,1992:2),administrasi adalah suatu kerjasama dalam kelompok di bawah pengarahan pimpinan eksekutif yang bertugas meraih pencapaian tujuan melalui perencanaan dan organisasi.
F.     Liang Gie (Ndraha,1992:2),administrasi adalah keseluruhan proses yang berupa kegiatan kegiatan,pemikiran pemikiran,pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapai tujuan tersebut.
G.    Kartasapoetra (Mufiz,1995:4),administrasi adalah suatu alat yang dapat dipakai menjamin kelancaran dan kebebasanbagi setiap manusia untuk melakukan suatu perhubungan,persetujuan dan perjanjian anatara sesama manusia yang dilakukan secara tertulis.
H.    Soetarto (Mufiz,1995:4),administrasi adalah suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan atau kegiatan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan.
I.       Woodrow wilson (Miftah Thoha,2003:11),administrasi merupakan suatu bidang usaha (a Field of Bussines) dan harus dipisahkan oleh politik.
J.      (Sondang P.Siagian,2003:2),administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapain tujuan yang telah ditentukan.
K.    Luther Gulik : Administration has to do with getting things done, with the accomplishment of defined objectives. (Administrasi bertalian dengan pelaksanaan penyelesaian pekerjaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan).
L.     Jhon M. Pfiffner : Administrasi dapat didefinisikan sebgai pengorganisasian dan pengarahan sumber-sumber tenaga kerja dan materi untuk mencapai tujuan akhir yang dikehendaki.
M.   Leonard D. White : Administrasi adalah proses umum dari semua usaha manusia, baik public atau privat, sipil atau militer, besar atau kecil.
N.    Wiliam H. Newman : Administrasi adalah membimbing, memimpin dan mengontrol usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
O.    Dwight Waldo : Administrasi adalah bentuk daya upaya manusia yang kooperativ, yang mempunyai tingkat rationalitate yang tinggi.

2.      DEFINISI PEMBANGUNAN MENURUT PARA AHLI
A. SIAGIAN (1994) pembangunan sebagai “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan per­ubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)”.
B.  GINANJAR KARTASAS­MITA (1994) memberikan pengertian yang lebih sederhana, yaitu sebagai “suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana.
C. (NUGROHO DAN ROCHMIN DAHURI, 2004) Pembangunan dapat diartikan sebagai `suatu upaya terkoordinasi untuk menciptakan alternatif yang lebih banyak secara sah kepada setiap warga negara untuk me­menuhi dan mencapai aspirasinya yang paling manusiawi.
D. (JOHAN GALTUNG) Pembangunan merupakan upaya untuk memenuhan kebutuhan dasar manusia, baik secara individuao maupun kelompok, dengan cara-cara yang tidak menimbulkan kerusakan, baik terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan alam.
E.  (MAPPADJANTJI AMIEN) Pembangunan adalah proses yang bersifat evolutif, adaptif, dan partisipatif.
F.  (JAKOB OETAMA) Pembangunan adalah usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam proses pembangunan terdapat unsur heroisme, unsur konflik, unsur frustasi, unsur romantik, dan unsur manusiawi yang mendalam.
G. (MOHAMMAD ALI) Pembangunan adalah segala upaya yang dilakukan secara terencana dalam melakukan perubahan dengan tujuan utama memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas manusia.
H. (GOULET) Pembangunan adalah sebuah skandal, suatu campuran yang sangat mendua dari baik dan jahat, suatu proses yang benar-benar dialektis.
I.    (BENNY H. HOED) Pembangunan adalah upaya sistematis melepaskan diri dari keterbelakangan dan upaya untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.
J.   (THE QUEST FOR POLITICAL DEVELOPMENT) Pembangunan ialah suatu lingkaran yang tidak berkeputusan, tanpa sempadan yang jelas diantara lembaran budaya, sosial, ekonomi, dan politik.
K. ( A. SONNY KERAF) Pembangunan adalah implementasi aspirasi dan kehendak masyarakat demi kepentingan masyarakat.
L.  (DRS. JOKO UNTORO) Pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur ekonomi dan corak kegiatan ekonomi atau usaha meningkatkan pendapatan per kapita.

3.      KOMENTAR TENTANG ADMINISTRASI PEMBANGUNAN YANG ADA DI INDONESIA
Kondisi pembangunan sekarang ini masih belum dikatakan sukses,mengapa saya katakan begitu karena masih banyak kendala yang dihadapi indonesia di bidang pembangunan ini.contoh kecil yaitu pelaku yang terlibat dalam administrasi pembangunan mengalami perubahan seiring pergeseran paradigma pembangunan itu sendiri,yang dulunya penguasalah yang memegang kendali. Sedangkan masyarakat hanya dijadikan objek pembangunan. Jadi pelaku yang terlibat pun hanya sekedar aparatur negara.Namun saat ini negara bukan lagi menjadi aktor utama, namun lebih berperan sebagai fasilitator. Jadi para pelaku pembangunan yang ada di dalam administrasi pembangunan ada negara, swasta juga masyarakat.Negara merumuskan sebuah kebijakan namun masyarakat tidak lagi menjadi objek namun turut serta dalam melaksanakannya.
Dengan berperannya pihak swasta banyak pihak asing yang leluasa masuk berinvestasi di indonesia.dengan ini indonesia hanya mengendalkan pihak asing untuk menangani pembangunan di indonesia atau hanya diwarnai dengan ketergantungan terhadap negara asing yang menanamkan modal ke Indonesia sebagai salah satu cara Indonesia untuk merintis pembangunan di berbagai sektor.
Selain itu permasalahan pembangunan itu dari segi ekonomi dimana proses pembangunan Indonesia selama ini aspek ekonomi menjadi masalah yang sangat riskan bagi negara Indonesia,Sehingga keadaan ketergantungan Indonesai terhadap negara-negara maju menjadi bagian yang tidak terpisahkan, padahal ketergantungan merupakan hal yang bertolak belakang dengan pembangunan, karena esensi dari pembangunan merupakan upaya mengelola sumber yang ada untuk pemenuhan kebutuhan secara mandiri.
Contohnya : bentuk ketergantungan Indonesia adalah banyaknya ekspor yang dilakukan ke negara luar dengan harga yang rendah, namun di sisi lain negara Indonesia juga mengimpor barang-barang dari luar negri, ekspor terbesar dari Indonesia adalah tenaga kerja sebagai penyumbang devisa terbesar namun sayangnya tenaga kerja yang diekspor bukan tenaga kerja yang berkompeten (dokter, guru, teknisi, dll) tapi hanya menjadi buruh. Sehingga Indonesia sampai saat ini masih belum secara tegas menghilangkan ketergantungan dengan negara luar.



DAFTAR PUSTAKA
Burhanuddin, Yusak, 1998. Administrasi Publik, CV.Pustaka, Bandung.
Mufiz, Ali, 1995. Materi Pokok Pengantar Administrasi, Universitas Terbuka, Jakarta.
Ndraha, Taliziduhu, 1992. Administrasi Lingkungan Hidup, Universitas Terbuka, Jakarta.
Siagian, Sondang P, 2003. Filsafat Administrasi, Bumi Aksara, Jakarta.
Syafie, Inu Kencana, 2003. Sistem Administrasi Negara, Bumi Aksara, Bandung.
Thoha, Miftah, 2003 .Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Referensi lain:
Diakses pada hari Sabtu 13/04/2013 21:30



Komentar

Postingan populer dari blog ini

JEMBATAN KEMBAR SUNGGUMINASA GOWA

BADIK DARI SULAWESI SELATAN

ISTANA TAMALATE